welcome to my world

welcome to my world
selamat datang kawan, selamat surfing di duniaku
dunia pendidikan

Jumat, 23 Desember 2011

TUJUAN PEMANFAATAN MEDIA

Pemanfaatan media banyak sekali memberikan kontribusi manfaat kepada penggunanya, salah satunya adalah seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa penggunaan media adalah untuk keperluan mengkomunikasikan informasi yang tentunya akan memberikan keuntungan bagi  penggunanya. Namun, disamping itu juga masih terdapat beberapa manfaat lain, baik dimanfaatkan untuk keperluan belajar secara individu ataupun secara kelompok.
Dalam hal ini, Kemp dan Dayton (1985) mengemukakan tiga tujuan dalam pemanfaatan media, yaitu:
1.       Untuk memotivasi (to motivate)
2.       Untuk menyampaikan informasi (to inform)
3.       Untuk pembelajaran (to learn)
Memotivasi (To Motivate)
Pemanfaatan media dapat memotivasi terjadinya perilaku yang positif dari penggunanya, untuk tujuan ini, pemanfaatan media mencakup tujuan mempengaruhi sikap, nilai, dan emosi. Media audio visual, seperti halnya film dan video, memiliki kemampuan untuk menggugah emosi permirsa, menghayati nilai dan menanamkan sikap dan karakter tertentu. Gabungan antara unsure gambar dan unsure suara dalam media audio visual memungkinkan terciptanya hal ini.
Menyampaikan Informasi (To Inform)
Media dapat digunakan untuk mempresentasikan atau menyajikan informasi baik kepada individu maupun kelompok. Untuk maksud ini, media yang digunakan biasanya tidak menuntut pemakainya untuk memberikan respon aktif terhadap informasi yang diberikan/diterimanya. Dalam hal ini pemakai media hanya dapat mendengar dan melihat informasi secara pasif, seperti menonton berita.
Pembelajaran (To Learn)
Pemanfaatan media seringkali berkaitan dengan kegiatan pembelajaran,  media dalam hal ini dipandang sebagai alat bantu dalam aktifitas pembelajaran yang menunjang maksimalnya penyampaian oleh guru dan penerimaan oleh siswa. Media mampu mengaktifkan mental penggunanya agar tujuan pembelajaran dan pencarian informasi yang diperlukan dapat tercapai. Bahan ajar yang terdapat dalam medium, apapun jenisnya harus dirancang secara sistematik dan matang agar dapat memudahkan berlangsungnya proses belajar.
Selain itu, pemanfaatan media dapat membantu pemakainya untuk menggabungkan pengalaman belajar yang baru dengan pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya. Dengan kemampuannya mengkomunikasikan pengalaman belajar yang bersifat konkret, media slide, film dan video telah memberi kemungkinan bagi pemakainya untuk dapat menggabungkan pengalaman baru dengan pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya.
Sesuai dengan karakteristik dan kemampuan setiap jenis media, pemanfaatan media dapat membantu pemakainya untuk memahami informasi dan pengetahuan yang sulit diungkapkan melalui ucapan secara verbal saja. Pemanfaatan media juga dapat membantu pemakainya untuk mengatasiketerbatasan waktu dan ruang dalam mempelajari ilmu pengetahuan dan informasi lainnya. Misalnya, peristiwa penting masa lalu, dapat diputar kembali melalui media. Media gambar diam, video dan film dapat merekam dan memperlihatkan kembali peristiwa-peristiwa penting yang telah terjadi di masa lalu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar