welcome to my world

welcome to my world
selamat datang kawan, selamat surfing di duniaku
dunia pendidikan

Jumat, 23 Desember 2011

KEUNTUNGAN DALAM MEMANFAATKAN MEDIA

Secara umum penggunaan media adalah untuk keperluan mengkomunikasikan informasi yang tentunya akan memberikan keuntungan bagi  penggunanya, antara lain:
1.       Informasi pengetahuan dan pembelajaran yang disampaikan akan menjadi lebih standar
2.       Penyajian informasi dapat dibuat menjadi lebih menarik dan unik untuk diikuti
3.       Kualitas penerimaan dan pemahaman informasi pengetahuan menjadi lebih baik
4.       Memungkinkan terjadinya proses belajar secara mandiri dan individual
Informasi pengetahuan dan pembelajaran yang disampaikan akan menjadi lebih standar
Maksud pernyataan diatas adalah isi informasi yang ada di dalam suatu media akan diterima sama oleh setiap orang yang menggunakannya, dengan keuntungan ini informasi standar yang ada dalam suatu media dapat membantu terciptanya diskusi kelompok yang efektif sehingga penggunaan media dapat membagi kesamaan pengalaman pemakainya.  Di sinilah yang dimaksud dengan informasi menjadi lebih standar.
Penyajian informasi dapat dibuat menjadi lebih menarik dan unik untuk diikuti
Hal ini karena unsure gambar dan unsure suara yang disusun secara sistematik akan membuat pemakai media akan tertarik untuk belajar dan memperoleh informasi yang ada di dalamnya. Kreatifitas pendidik dalam mengolah, memilih dan menentukan efektifitas penggunaan media dalam menunjang penyampaian dan pengkomunikasian pengetahuan tentunya menjadi nilai tersendiri yang mampu membangkitkan motivasi belajar dan ketertarikan peserta didik dalam belajarnya.
Kualitas penerimaan dan pemahaman informasi pengetahuan menjadi lebih baik
Karena kualitas penyampaian pembelajaran menarik dan mampu membangkitkan semangat dan minat belajar siswa, maka tak heran manakala siswa menjadi aktif dan bersungguh-sungguh dalam belajarnya. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada hasil yang akan dicapainya dari proses penerimaan pengetahuan yang dijalaninya dalam kelas yang berkualitas.
Memungkinkan terjadinya proses belajar secara mandiri dan individual
Media dapat digunakan untuk keperluan belajar secara individual, penggunaan secara individu ini akan berlangsung apabila seseorang memiliki keinginan dan motivasi belajar yang kuat untuk memperluas wawasan pengetahuannya. Informasi yang terdapat dalam media cetak seperti buku teks, LKS, dan sejenisnya seringkali dirasakan masih kurang atau tidaklah cukup, sehingga masih perlunya penambahan informasi melalui pemanfaatan jenis media lain seperti e-learning, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar